Jumat, 13 Maret 2015

Teori Belajar

    Sebagai seorang guru kita dituntut agar mempunyai kompetensi yang harus melekat dalam diri, kompetensi itu menjadikan guru berlaku prafesional dan handal dalam mengajar, sehingga pada saat belajar seorang guru harus menerapkan beberapa langkah sesuai dengan yang diungkapkan oleh piaget berikut ini :

(1)   Langkah satu :  Menentukan topik yang dapat dipelajari oleh anak sendiri.  Penentuan topik tersebut dibimbing dengan beberapa pertanyaan, seperti berikut :
(a) Pokok bahasana manakah yang cocok untuk eksperimentasi?
(b) Topik manakah yang cocok untuk pemecahan masalah dalam situasi kelompok?
(c)  Topik manakah yan dapat disajikan pada tingkat manipulasi secara fisik sebelum secara verbal?
(2)   Langkah dua : Memilih atau mengembangkan aktivitas kelas dengan topik tersebut. Hal ini dibimbing dengan pertanyaan seperti :
(a) Apakah aktivitas itu memberi kesempatan untuk melaksanakan metode eksperimen?
(b) Dapatkah kegiatan itu menimbulkan pertanyaan siswa?
(c) Dapatkah siswa membandingkan berbagai cara bernalar dalam mengikuti kegiatan di kelas?
(d) Apakah masalah tersebut merupakan masalah yang tidak dapat dipecahkan atas dasar pengisyaratan perseptual?
(e) Apakah aktivitas itu dapat menghasilkan aktivitas fisik dan kognitif?
(f)  Dapatkah aktivitas itu dapat memperkaya konstruk yang sudah dipelajari?
(3)   Langkah tiga :  Mengetahui adanya kesempatan bagi guru untuk mengemukakan pertanyaan, yang menunjang proses pemecahan masalah.  Bimbingan pertanyaan berupa:
 (a)Pertanyaan lanjut yang memancing berpikir seperti  “bagaimana jika”?
 (b)Memperbandingkan materi apakah yang cocok untuk menimbulkan pertanyaan spontan?
(4)   Langkah empat: Menilai pelaksanaan tiap kegiatan, memperhatikan keberhasilan, dan melakukan revisi.  Bimbingan pertanyaan berupa:
(a) Segi kegiatan apakah yang menghasilkan minat dan keterlibatan siswa yang besar?
(b) Segi kegiatan manakah yang tidak menarik, dan apakah alternatifnya?
(c)  Apakah aktivitas itu memberi peluang untuk mengembangkan siasat baru untuk penelitian atau meningkatkan siasat yang sudah dipelajari?
(d) Apakah kegiatan itu dapat dijadikan modal untuk pembelajaran lebih lanjut?
               Secara singkat, Piaget menyarankan agar dalam pembelajaran guru memilih masalah yang berciri kegiatan prediksi, ekperimental, dan eksplanasi.

            Dalam keseluruhan proses pendidikan di sekolah, pembelajaran merupakan aktivitas yang paling utama.  Ini berarti bahwa keberhasilan pencapaian tujuan pendidikan banyak tergantung terhadap kualitas pembelajaran yang dilakukan oleh guru.  Pemahaman seorang guru terhadap pengertian pembelajaran akan mempengaruhi cara atau metode guru itu mengajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar